Dalam rangka meningkatkan kompetensi Pejabat Fungsional Pengawas Farmasi dan Makanan, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengawasan Obat dan Makanan (PPSDM POM) pada tahun 2023 akan menyelenggarakan kembali Pelatihan Jabatan Fungsional Pengawas Farmasi dan Makanan (JF-PFM) Kategori Keahlian. Pelatihan Jabatan Fungsional Pengawas Farmasi dan Makanan Kategori Keahlian Angkatan III Tahun 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 8 Mei – 9 Juni 2023 dengan metode Blended Learning. Pembelajaran tatap muka online dan penugasan mandiri telah dilakukan pada 8 – 19 Mei 2023, penyusunan Plan of Action (POA) telah dilakukan pada 22 - 26 Mei 2023, dan tatap muka luring telah dilakukan pada 7 - 9 Juni 2023. Pelatihan ini diikuti oleh 38 orang peserta dari berbagai unit kerja di BPOM.

Metode evaluasi terhadap Pelatihan Jabatan Fungsional Pengawas Farmasi dan Makanan Kategori Keahlian Angkatan III Tahun 2023. Evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi level 1 (evaluasi terhadap kualitas narasumber dalam memberikan materi, evaluasi terhadap pelaksanaan, sarana, dan prasarana pelatihan, serta evaluasi coach dan penyelenggaraan coaching, dan evaluasi terhadap teknologi pembelajaran SiPandai) dan evaluasi level 2 yaitu evaluasi terhadap capaian akademik peserta. Evaluasi level 2 ini didapatkan dari nilai sikap dan perilaku serta penugasan mandiri dan penugasan Plan of Action (POA).

Berdasarkan hasil evaluasi level 1 yaitu evaluasi narasumber dan evaluasi fasilitas penyelenggaraan pelatihan dengan menggunakan skala likert (skala 1 s.d 5), didapatkan hasil sebagaimana terlampir dengan rata-rata 4,64. Dari hasil penilaian, diperoleh 3 peserta dengan nilai tertinggi sebagai berikut: Peringkat 1 apt. Muhammad Wildan Shalli Rangkuti, S.Farm. Direktorat Pengawasan Produksi Obat, Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor, Peringkat 2 Muhammad Fauzi, S.Si Direktorat Pengawasan Produksi Pangan Olahan, Peringkat 3 Irma Septiani, S.T.P. Direktorat Registrasi Pangan Olahan.

Pengawas Farmasi dan Makanan yang berkompeten, jagalah etika dan attitude sebagai Pejabat Fungsional PFM Ahli Pertama, baik di dalam lingkungan Badan POM maupun di luar lingkungan Badan POM, dan jadilah pondasi yang kuat bagi Badan POM karena adik-adiklah yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Serta tak lupa menerapkan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan di pelatihan ini di unit kerja adik-adik sekalian. Akhir kata, kami segenap keluarga PPSDM POM mengucapkan selamat kepada peserta yang telah mengikuti Pelatihan Fungsional Jabatan Fungsional Pengawas Farmasi dan Makanan Kategori Keahlian Batch III Tahun 2023 ini. Adik-adik sekalian telah berhasil menyelesaikan pelatihan ini dan mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran. Dari total 38 peserta, sebanyak 38 peserta telah dinyatakan LULUS dalam Pelatihan Pejabat Fungsional Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli dan berhak mendapatkan Surat Tanda Tamat Pelatihan.