Terjaminnya keamanan pangan bagi masyarakat sangat tergantung pada peran dan tanggung jawab pemerintah, khususnya fasilitator/penyuluh keamanan pangan dan pengawas pangan daerah. Penyuluh keamanan pangan dan pengawas pangan daerah yang kompeten akan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari risiko pangan yang tidak memenuhi persyaratan. Beberapa permasalahan keamanan pangan masih terjadi baik di tingkat Industri pangan/IRTP sebagai produsen pangan dan di tingkat masyarakat sebagai konsumen pangan. Berdasarkan Inpres 3 tahun 2017 Peningkatan efektifitas Pengawasan Obat dan Makanan dan Permendagri 41 tahun 2018 tentang Peningkatan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di daerah. Badan POM mempunyai tugas memberikan dan bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengawasan obat dan makanan; dan mengoordinasikan pelaksanaan pengawasan obat dan makanan dengan instansi terkait.

Sehubungan dengan ini, Badan POM akan menyelenggarakan pelatihan untuk tenaga Penyuluh Keamanan Pangan dan Pengawasan Pangan di daerah. Pelaksanaan pelatihan mengacu kepada Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Tahun Nomor 16 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Pengawas Pangan Kabutapen/Kota dan Penyuluh Keamanan Pangan. Pada tanggal 21 – 23 Februari 2023 kami mengadakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) Pertama Bets 1 tahun 2023 dan diakhiri dengan sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BPOM pada tanggal tanggal 24 Februari 2023.

PKP Pertama Bets 1 ini diselenggarakan di hotel Novotel semarang dengan 32 orang peserta. Peserta berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kab. Brebes, Kab. Temanggung, Kab. Boyolali, Kota Tegal, Kab. Kudus, Kota Surakarta, Kabupaten Blora, Kota Semarang, Kab. Magelang, Kab. Pangandaran, Kab. Bantul, Kabupaten Kulon Progo, Kab. Sleman, Kota Yogyakarta, Kab. Jombang, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Dan Kb Kota Madiun, Puskesmas Leksono 1, Wonosobo, Puskesmas daslintang 2 Kab. Wonos, UPT. Puskesmas Gondangrejo Kab. Karanganyar, Puskesmas Jatipuro, Kab. Karanganyar, Puskesmas Jayengan, Kota Surakarta, Puskesmas Teguhan Kab. Ngawi. Adanya Pelatihan Penyuluh Keamanan Pangan ini diharapkan tersedianya tenaga penyuluh pangan yang memiliki kompetensi sesuai standar kompetensi yang ada dan dapat tersertifikasi sebagai Penyuluh Keamanan Pangan.